Tempat Wisata Di Bogor – Meskipun berjulukan sebagai Kota Hujan, namun kota ini tetap menjadi tujuan wisatawan saat liburan telah tiba, terutama masyarakat Jakarta.

Di Bogor banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan kamu menghabiskan akhir pekan, seperti wisata alam, wahana, belanja, hingga kulinernya. Disini juga ada wisata yang paling mahal, hingga wisata yang murah.

Nah buat kamu yang berlibur ke Bogor tetapi minim budget, ada banyak tempat wisata murah yang bisa menjadi pilihanmu. Berikut 8 rekomendasi tempat wisata di Bogor yang ramah kantong :

1. Istana Bogor

Salah satu tempat wisata di Bogor yang ramah kantong, adalah Istana Bogor atau Istana Buitenzorg. Meskipun termasuk wisata murah, namun untuk bisa masuk kesini ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Pertama harus meminta surat permohonan izin ke sekretariat atau kepala Istana Bogor, surat ini berisi identitas pengunjung dalam bentuk foto copy.

Syarat kedua, pengunjung harus menyerahkan surat permohonan seminggu sebelum hari kunjungan. Surat ini akan disetujui sekitar 3 hari setelah penyerahan ke kepala Istana Bogor. Selain harus memenuhi persyaratan, jumlah wisatawan yang kesini dibatasi, hanya 25 orang saja yang bisa masuk perhainya.

Istana Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Bogor Tengah, Bogor. Disini kamu bisa melihat koleksi patung, lukisan, selain itu kamu bisa bermain dengan rusa yang berkeliaran bebas di sekitar istana. Untuk tiket masuknya sekitar Rp. 14.000/orang untuk wisatawan lokal, dan wisatawan asaing sekitar Rp. 25.000/orang saja.

2. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Ingin menikmati perpaduan reruntuhan air terjun, dengan udara sejuk khas Bogor ? Berlibur saja ke Air Terjun Bidadari. Lokasinya berada di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Air Terjun Bidadari memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dan airnya langsung dari mata air hutan lindung yang ada disekitar.

Tempat wisata di Bogor ini selalu ramai pengunjung, saat musim liburan tiba. Selain menikmati udara sejuk dan segarnya air terjun, kamu dan romobongan bisa berenang disekitaran air terjun. Ada dua kolam renang, yaitu kolam arus dan kolam renang khusus anak. Selain itu, disini ada beberapa kegiatan menarik, seperti flying fox, perahu tangan, dan lain-lain.

Untuk tiket masuk tempat wisata ini cukup mahal, pada hari biasa sekitar Rp. 25.000 per orang, dan pada akhir pekan sekitar Rp. 30.000 per orang. Sedangkan saat libur nasional atu libur lebaran, harga tiket naik, sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 50.000 per orang.

3. Gunung Pancar

Ingin menghabiskan liburan dengan biaya yang sangat murah ? Gunung Pancar jawabannya. Tempat wisata di Bogor ini terkenal sangat ramah kantong, untuk tiket masuknya saja sekitar Rp. 2.000 per orang. Sedangkan tiket parkirnya sekitar Rp. 1.500 (kendaraan roda empat), dan Rp. 1.000 (kendaraan roda dua).

Gunung Pancar adalah wisata alam yang memiliki fasilitas pemandian air panas, disini terdapat kolam – kolam berendam yang airnya berasal dari mata air alami. Banyak wisatawan yang berendam, karena ingin mengembalikan kesegaran tubuh mereka. Selain itu, kamu bisa melakukan caming, bersepeda, jogging, hiking, dan berkuda. Di Gunung Pancar juga terdapat kawasan hutan lindung, yang banyak ditumbuhi pohon pinus.

4. Warso Farm

Warso Farm adalah tempat wisata di Bogor yang menyuguhkan wisata perkebunan durian dan buah naga. Lokasinya berada di Desa Ciideung, Bogor atau berjarak sekitar 10 KM dari pusat kota. Untuk menemukannya kamu tidak perlu bingung, karena di depan pintu gerbang terdapat replika buah durian dan buah naga yang sangat besar.

Memiliki luas area sekitar 8 hektar, DI Warso Farm ada 900 pohon durian dengan jenis 19 buah. Berlibur kesini kamu bisa menikmati buah durian hasil panenmu, atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Perkebunan di Bogor ini dibuka setiap hari, sedangkan untuk wisata tour ke kebunnya, dibuka hanya weekend saja. Mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Berlibur kesini kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuknya, alias gratis. Tetapi wisatawan dilarang memanen buah sebelum masa panennya tiba.

5. Kampung Budaya Sindangbarang

Tempat wisata di Bogor selanjutnya, adalah Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung ini merupakan kampung tertua yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda abad ke-7. Dari Bogor hanya berjarak sekitar 5 KM, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor.

Kampung ini merupakan tempat berlibur dan beredukasi, karena banyak pengetahuan sejarah yang wajib kamu ketahui. Disini kamu bisa mengetahui apa saja barang peninggalan Kerajaan Pajajaran, belajar kesenian Sunda ditemani udara sejuk khas perkampungan. Tiket masuknya sangat murah, sekitar Rp. 25.000 per orang. Harga tiket ini Rp. 10.000-nya di berikan kepada pelaku seni yang ada disitu.

6. Situ Gede

Bogor memang tak kehabisan tempat wisata yang murah meriah, salah satunya Situ Gede. Disini wisatawan bisa memancing, berkeliling danau dengan perahu, atau jalan – jalan santai di area hutan sekitar. Situ Gede selalu ramai dikunjungi masyarakat Bogor, saat musim liburan tiba. Selain dijadikan tempat berlibur, objek ini juga sering digunakan sebagai tempat pembuatan film atau sinetron.

Situ Gede berada di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Perhutanan RI. Alasan kenapa Situ Gede selalu ramai pengunjung, karena tidak biaya tiket masuknya. Kamu hanya perlu membayar tiket parkirnya, Rp. 1.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 2.000 untuk mobil.

7. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang ramah kantong. Selain sebagai tempat berlibur, air panas ini juga sebagai tempat terapi kesehatan. Banyak wisatawan yang sering berendam di air belereng, untuk merilekskan otot – otot pikiran mereka. Berlokasi di Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bogor.

Selain kolam air panas, disini juga terdapat beberapa fasilitas bermain untuk anak hingga orang dewasa. Tiket masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, sekitar Rp. 10.000 per orang. Kamu harus berhati – hati dalam membeli tiket, karena disekitar lokasi banyak calo yang menjual tiket lebih mahal, yaitu Rp. 50.000 per orang.

8. Telaga Malimping

Berlokasi di Desa Ciades, Kecamatan Cigompong, Kabupaten Bogor, Telaga Malimping adalah tempat wisata yang terkenal dengan murah meriahnya. Tiket masuk objek wisata ini hanya Rp. 2.500 per orang. Sedangkan untuk menikmati wahana yang ada disitu, kamu masih harus mengeluarkan biaya lagi. Untuk bermain flying fox sekitar Rp. 15.000, dan banana boat Rp. 10.000 per orang.

Selain flying fox dan banana boat, ada beberapa wahana lain seperti jet sky, canopy street, arum jeram, paint ball, rafting, kolam renang, dan masih banyak wahana asyik lainnya. Jika kamu berlibur kesini, kamu akan dibuat terhibur sekaligus mendapat pendidikan.
Itulah 8 rekomendasi tempat wisata di Bogor yang ramah kantong, sidah tidak bingung kan ? Selamat berlibur, semoga liburannya menyenangkan.

Categories: Suka-suka