Jika dulu dapur identik dengan tempat yang kotor, panas dan juga berdebu. Berbeda dengan jaman sekarang ini. Dapur sudah menjadi bagian ruang dari sebuah rumah yang sangat penting dan dijaga kebersihannya. Terutama karena banyak makanan yang dibuat di dapur, kesan yang dulunya kotor sudah tidak melekat lagi pada dapur.

Sekarang ini dapur tampil dengan desain yang berbagai macam dan menawan. Namun beberapa orang merasa terhalang oleh luas dapur yang hanya 2 x 3 m persegi saja. Sedangkan perabotan dan kebutuhan dapur sangat banyak. Apa masih bisa tetap menghias dan menghadirkan dapur yang unik dengan ukuran sempit ?

1. Desain ala Bar

Desain dapur pertama untuk ruangan yang hanya memiliki luas 6 meter persegi adalah dapur dengan desain ala bar.

Dapur ini memiliki tempat memasak dengan meja kecil yang terbuat dari marmer atau tembok yang sudah dikeramik, lemari pendingin dan terakhir adalah meja untuk menaruh makanan di atas namun di bagian bawahnya bisa menjadi laci.

Anda tinggal menambahkan kursi untuk membuat tempat tersebut sekaligus meja makan. Desain ala bar ini banyak dipilih oleh rumah minimalis dengan tema modern sekarang ini. karena mudah diaplikasikan dengan perabotan yang tidak terlalu banyak dibutuhkan.

2. Modern Theme

Selanjutnya adalah dapur dengan ukuran yang sama namun desain yang berbeda. Dalam gambar kali ini anda bisa lihat bahwa desain yang diberikan sangatlah modern dan juga ramai. Warna yang dipilih memang cerah namun senada semua, hal ini untuk memberikan kesan terang pada dapur namun tidak memberikan efek penuh atau sesak.

Selain itu perabotan yang masuk ke dapur minimalis dengan tema modern ini hanya perabotan dasar namun sudah dipastikan bisa digunakan oleh anda. jangan khawatir akan penampilannya karena dijamin sangat unik dan berbeda.

3. Perabotan Besi

Dapur minimalis satu ini sangat terasa, karena pemilihan perabotan berbahan besi yang bisa dikatakan tepat untuk dapur 2×3. Karena bobot dan bentuk besi biasanya ramping dan tidak memenuhi ruangan. Apalagi jenis perabotan dapur memang rata-rata stainless steel yang berbahan besi.

Biasanya perabotan ini juga termasuk yang multifungsi. Selain desain anda bisa mendukung dapur anda untuk menjadi lebih indah dan minimalis hanya dengan perabotan. Usahakan untuk tidak memenuhi dapur dengan barang tidak penting.

4. Desain Leter U

Desain Leter U

Desain leter U memang tidak pernah gagal untuk rumah yang berukuran kecil, terutama dapur yang hanya 2 x 3 ini.

Dengan bentuk terpusat pada sisi saja dan mengosongkan bagian tengah pengguna dapur akan bergerak dengan bebas meskipun ruangnya sempit. Selain itu lebih mudah menata perabotan atau peralatan dapur. Leter U merupakan desain andalan rumah modern dan minimalis.

5. Leter L

Leter L

Terakhir adalah desain Leter L, untuk jenis ini anda ingin menyisakan ruang atau satu bar khusus untuk hiasan ataupun tempat menaruh bumbu. Maka cocok sekali dengan tipe Leter L ini. cukup banyak rumah minimalis yang mengadaptasinya mengingat bentuk ini mudah dibuat dan tidak memakan banyak tempat atau perabotan.

Dapur dengan ukuran kecil tidak menjadi halangan untuk menggunakan desain minimalis. Tidak harus besar, dengan unsur sederhana, simpel dan efisien saja anda sudah bisa menamakan dapur tersebut minimalis. Gunakan juga warna khas dari desain ini untuk menambah kesan minimalisnya di dapur anda.

Sumber: Hustopia.com

Categories: Suka-suka