Categories
Uncategorized

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Batre HP Cepat Rusak

Baterai, salah satu komponen dari sebuah HP yang sangat riskan dan sering terjadi kerusakan. Apalagi, baterai merupakan komponen elektronik yang biasanya paling awal rusak daripada komponen lainnya.

Kamu tentu tahu, kalau mengganti batre HP itu butuh uang yang nggak sedikit. Belum lagi kalau kamu nggak segera mengganti batre. Bisa-bisa batre menggelembung dan memperparah keadaan.

Ada banyak pemicu yang menyebabkan batre rusak dengan cepat. Biasanya, masalah ini disebabkan hal yang mirip-mirip. Apalagi, pengguna HP sekarang ini nggak terlalu peduli dengan umur batre.

Nggak cuma itu, kebiasaan pengguna memakai HP-nya itu menjadi salah satu faktor. Kebiasaan yang buruk menyebabkan batre menjadi lebih cepat rusak daripada seharusnya.

Kamu harus simak beberapa alasan kenapa batre lebih cepat rusak di bawah ini.

Di-Charge Semalaman

Emang paling enak itu charge HP sebelum tidur. Ditinggal tidur, daya batre di HP akan terisi. Kita nggak perlu nunggu lagi, tau-tau, bangun di pagi hari, batre sudah terisi.

Kebiasaan tersebut tentu memudahkan dalam mengisi daya. Tapi, jangan selalu kamu lakukan ya. Sebab, itu nggak baik buat batre HP kamu.

Soalnya, sepanjang malam, batre akan terisi terus, walaupun sudah full. Inilah yang menyebabkan batre jadi bocor dan rusak. Sebaiknya, kamu charge secukupnya, dan cabut daya jika batre sudah penuh.

HP Nggak Pernah Dimatikan

review1st.com

Sama halnya dengan laptop dan PC, HP itu juga butuh istirahat. Mereka lelah terus-terusan menyala sepanjang waktu sepanjang hari.

Sebab, jika kamu menggunakan HP secara terus menerus tanpa henti, bukan cuma batre aja yang rusak lho. Iya, komponen lain di dalam HP juga bisa mendapatkan hal buruk.

Ada baiknya kamu juga mematikan HP ketika tidak digunakan. Waktu yang baik sih saat malam hari ketika sedang tidur. Jadi HP tidak terlalu dibutuhkan saat itu.

Nah, sepenting itu mematikan HP, maka penting juga buat cari informasi tentang teknologi di kheefa.com lho.

Memainkan HP Sambil Charge

Nggak baik lho sebenarnya bermain game di HP sambil terus men-chaerge. Ada baiknya, ketika charge HP, ponsel kamu itu dimatikan atau minimal tidak sedang digunakan.

Tapi, sepertinya hal itu sulit dilakukan. Apalagi buat anak zaman sekarang yang hobi banget ngegame. Tentu mereka nggak mau melewatkan waktunya hanya untuk charge HP dulu dong.

Ya, walaupun begitu, kamu tetap harus merawat batre HP kamu sendiri ya. Minimal ya itu tadi, dengan tidak menggunakannya sambil nge-charge. Jadi, HP akan lebih awet dan tentu kamu jadi lebih hemat.

Pakai Charger Nggak Asli

Charger palsu atau minimal charger-nya nggak cocok itu bisa pengaruh banget sama umur batre.

Emang sih batre bisa terisi penuh walaupun menggunakan charger KW gitu. Tapi, permasalahan nggak datang sekali atau dua kali charge saja. Kebiasaan menggunakan charger KW bisa perlahan-lahan merusak HP kamu.

Apalagi kalau kamu menggunakan charger yang nggak tahu merk-nya apa. Spesifikasi dan mutu dari charger tersebut pun kamu nggak tahu. Ya sudah deh kalau gitu, batre HP akan berkorban demi kamu.

Belum Penuh, Charger Dilepas

Hal ini biasanya terjadi saat kita sedang buru-buru. Sadar atau nggak, tentu kamu akan otomatis mencabut charger dari HP. Ya, walaupun batre masih belum penuh 100%.

Kebiasaan ini ternyata bisa juga mengganggu kesehatan batre lho. Jadi, kamu harus inget betul yang satu ini ya.

Terus Dipakai Walaupun Suhu HP Panas

Suhu tinggi di HP juga bisa menjadi salah satu penyebab batre jadi rusak lho. Temperatur yang panas di ponsel tentu karena suhu komponen di dalam juga panas. Termasuk salah satunya adalah batre.

Jadi, ketika kamu sedang menggunakan HP, kok tiba-tiba suhunya meningkat, lebih baik kurangi dulu penggunaannya. Apalagi kalau kamu menggunakan HP, langsung di bawah terik matahari. Pasti suhu HP bisa langsung meningkat dengan cepat.

Nah, kira-kira, kebiasaan buruk menggunakan HP mana yang kamu sering lakukan? Ingat, jangan diulangi lagi ya.

Categories
Uncategorized

7 Pilihan Pekerjaan Buat Kamu yang Introvert

Ngomongin kerjaan, tentu sebagai orang introvert itu hal yang menantang. Apalagi, seorang introvert kan cenderung lebih senang menyendiri ya. Mereka nggak terbiasa berada di tempat yang ramai.

Nah, ternyata, ada beberapa pekerjaan yang cocok banget buat kalian para introvert. Pekerjaan ini nggak butuh buat sering-sering ketemu orang lain kok. Jadi, kamu bisa fokus dengan diri dan pekerjaanmu.

Penasaran? Langsung aja kita cari tahu beberapa pekerjaan yang mungkin cocok dengan kepribadianmu yang introvert.

Penulis

growingpublishing.compng

Sekarang ini, pekerjaan sebagai penulis populer banget buat para introvert. Apalagi, penulis itu akan mengerjakan sesuatu yang sangat fokus. Dia bisa berdiam diri mengetik menghasilkan tulisan tanpa ketemu orang lain.

Dan, biasanya kan introvert itu cenderung lebih mudah mengungkapkan sesuatu dengan tulisan ya. Kalau harus ngomong dengan orang lain agak susah gitu.

Kamu juga nggak harus jadi penulis buku kok buat jadi penulis. Sekarang banyak perusahaan yang butuh karyawan penulis. Bisa buat nulis di web perusahaan, sosial media, untuk copywriting, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menulis di wattpad, atau media yang dapat dibaca orang lain. Ya, kali aja ada yang tertarik dengan keahlian menulis kamu.

Video Editor

Video editor sekarang ini juga sudah mulai banyak dilirik lho. Lihat saja tuh para youtuber yang membutuhkan keahlian seorang video editor. Apalagi, pekerjaan ini tuh butuh keahlian, dan nggak semua orang bisa.

Tugas utama dari video editor adalah memahami footage mentah menjadi sebuah kesatuan. Setelah itu, dengan sentuhan kreativitas, footage yang ada akan diedit menjadi sebuah karya yang bagus.

Paralegal

Apa tuh paralegal? Jadi, paralegal ini adalah profesi yang punya tugas menolong pengacara dalam pekerjaannya. Jadi, di sebuah firma hukum atau kementrian sah, butuh paralegal ini. Tapi, paralegal ini bukanlah pengacara lho ya.

Tugas dari paralegal biasanya mengurusi masalah administratif, mengorganisasi berkas, melaksanakan studi hukum, dan juga menyiapkan dokumen.

Pekerjaan sebagai paralegal ini juga nggak harus dari sarjana hukum kok. Kamu yang dari lulusan sarjana lainnya bisa juga masuk ke pekerjaan ini.

Desainer Grafis

Ini nih pekerjaan yang cukup banyak dilakukan, bahkan untuk yang bukan introvert sekalipun. Pekerjaan ini juga butuh skill komunikasi dengan klien agar apa yang dibuat itu cocok dengan keinginan klien.

Tetapi, komunikasi dengan klien ini nggak setiap hari kok. Soalnya, sebagian besar waktu seorang desainer grafis adalah membuat desain.

Kamu bisa mencoba memulai pekerjaan sebagai desainer grafis dari rumah. Bisa dengan jadi freelancer terlebih dahulu.

Akuntan

republika.co.id

Kalau kamu mau jadi akuntan, tentu harus siap berhadapan dengan angka. Soalnya, sehari-hari bakal berurusan sama angka. Dan ini pekerjaan yang cocok baut seorang introvert.

Tapi, memang pekerjaan ini butuh ketelitian untuk melihat angka. Tugas utamanya seorang akuntan atau auditor adalah mengecek catatan, pembedahan finansial, dan mempersiapkan dokumen untuk klien atau industri.

Teknisi Laboratorium

Buat yang nggak suka keramaina, jadi teknisi lab juga oke lho. Jadi, kamu akan bekerja di balik layar dengan menganalisa sesuatu.

Pekerjaan ini butuh fokus dan presisi yang tinggi. Sebab urusannya dengan barang yang diuji. Jadi, butuh atmosfer kerja yang tenang, cocok banget buat introvert.

Penerjemah

Kamu mahir berbahasa asing? Pekerjaan sebagai penerjemah mungkin cocok buat kamu. Penerjemah ini akan menawarkan jasanya untuk menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain.

Biasanya, penerjemah ini pekerjaannya tidak terikat. Atau, biasanya juga bekerja ketika ada projek dari klien.

Categories
Uncategorized

6 Sayur yang Sehat untuk Dibuat Salad

Umumnya salah satu santapan yang biasanya terlintas di benak banyak orang buat kudapan diet adalah salad. Hidangan yang biasanya terdiri dari bermacam-macam sayuran ini sudah ada dari zaman dulu kala.

Dengan bermacam-macam kombinasi sayur, salad dapat jadi santapan pokok yang seimbang. Mempunyai bermacam khasiat kesehatan, konsumsi salad sayur tiap hari bisa jadi salah satu rutinitas terbaik untuk badan.

Kamu bisa menggunakan nyaris seluruh jenis sayuran ke salad. Namun, sebagian jenis sayuran lebih bergizi daripada sayur yang lain. berikut 6 macam sayuran yang lezat serta sehat buat salad Kamu.

Wortel

kompas.com

Wortel merupakan salah satu tipe sayur sehat yang banyak disukai anak-anak bahkan sampai orang tua. Jenis sayur dari akar ini biasanya berwarna oranye, walaupun terdapat sebagian wortel yang bercorak kuning, putih, merah, atau ungu.

Sayur ini mempunyai tekstur renyah ketika masih fresh. Wortel cocok banget buat disajikan sebagai bagian dari olahan salad.

Tidak hanya memiliki vitamin A yang baik buat mata, wortel juga punya kandungan beta karoten yang cukup besar. Beta karoten ini sudah teruji tingkatkan sistem imunitas badan.

Tidak hanya itu saja, wortel juga memiliki karotenoid yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Tidak cuma itu, wortel juga bebas kolesterol, bebas lemak, dan juga sumber serat yang sangat baik buat pencernaan.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang mempunyai kepala besar serta berbunga ini umumnya diproses terlebih dulu dengan direbus, dikukus, ataupun dimakan mentah.

Brokoli ini cocok buat dijadikan sebagai salah satu bahan olahan untuk salad. Sebab, brokoli mengandung beberapa zat gizi yang baik. Apalagi, brokoli yang dimasak akan punya kandugnan vitamin C yang lebih tinggi dari pada jeruk.

Selain itu, brokoli juga punya kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahan, ada riset yang mengatakan kalau makan brokoli bisa menghidarkan kita dari katarak dan stroke.

Sayuran mungil ini tentu bebas kolesterol, bebas juga lemak jenus. Brokoli juga kalorinya rendah dan merupakan sumber folat yang bagus.

Kubis

Kubis adalah sayuran hijau yang bentuknya berlapis-lapis. Cocok banget kalau sayuran ini dijadikan sebagai salah satu bahan salat. Dengan mengonsumsi kubis, kita bisa membersihkan saluran pencernaan dan membuatnya jadi lebih sehat.

Kandungan vitamin C di dalam kubis juga besar. Apalagi ada juga vitamin K yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

Selain berwarna hijau, kubis ada juga yang punya warna putih lho. Kedua jenis kubis ini punya khasiat yang sama kok.

Ada sedikit tips nih, kamu bisa memilih kubis yang ukurannya cukup besar dan daunnya masih fresh dan kencang. Sebab, kalau kamu memilih yang daunnya longgar, hal tersebut menandakan kubis sudah tua.

Lebih baik simpan kubis di dalam kulkas maksimal selama 2 pekan ya. Kamu bisa mengonsumsi kubis ini dengan cara dikukus, direbus, tumis, atau langsung memakannya. Tapi, umumnya kubis dijadikan lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Selada

tokopedia.com

Jenis sayur hijau lain yang biasa digunakan untuk salad adalah selada. Selada juga biasa digunakan sebagai isian untuk burger atu sandwich lho. Daun selada punya beberapa zat gizi yang dapat membuat kamu terjaga kesehatannya.

Konsumsi selada bisa membuat mata dan kulit menjadi lebih sehat. Sebab, di dalam selada terdapat kandungan vitamin A, itu bagus buat mata.

Terus, selada juga merupakan sumber folat yang alami. Ini bagus untuk menghindari cacat saat bayi lahir.

Selada juga punya kandungan beta karoten. Beta karoten ini baik untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan katarak. Tidak hanya itu lho, selada juga punya zat besi yang punya kemampuan mencegah anemia.

Timun

Timun atau disebut juga mentimun, bikan cuma bisa dijadikan acar saja lho. Timun juga punya rasa yang enak adn biasanya dijadikan salad.

Kandungan di dalam timun ini juga banyak banget, terutama untuk kulit. Timun punya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun.

Untuk mengonsumsinya, jangan dikupas ya kulit timunnya. Sebab, di dalam kulit timun ini ada serat yang cukup tinggi. Serat ini bagus banget buat pencernaan kita.

Bayam

Bayam ini nih yang paling bagus buat dijadikan salad, sebab mengandung banyak vitamin dan mineral. Nggak diragukan lagi deh kalau kita mengonsumsi bayam, kebutuhan gizi akan terpenuhi.

Sayuran hijau ini juga bukan sayur biasa. Kamu nggak cuma bisa menggunakannya untuk bahan pembuat salad. Ada banyak olahan sayur yang bisa dibuat dari bahan bayam ini.

Nilai gizinya konon dipercaya bisa digunakan untuk mencegah kanker lho. Bayam juga banyak kandungan folatnya yang bagus untuk tubuh kita.

Tidak hanya itu saja, bayam juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bisa melindungi otak dari indikasi penuaan. Vitamin A yang ada dalam bayam juga bagus buat kesehatan mata lho.

Dalam bayam, terdapat banyak asam, jadi cara paling bagus buat memasaknya adalah dengan direbus. Merebus bayam juga nggak sulit banget kok. Cukup rebus selama satu menit agar asam di dalam bayam bisa larut ke air.

Nah, dari sayuran di atas, mana yang paling sering kamu konsumsi? Atau, maka yang paling kamu sukai nih?

Categories
Uncategorized

3 Rekomendasi Menu Masakan Jawa Sehari-hari

Masakan jawa lebih terkenal dengan berbagai bumbunya yang alami serta berbagai macam rempah-rempah seperti buah asam, sereh, dan sebagainya.

Teman-teman akan banyak menjumpai berbagai macam restaurant ataupun warung yang menyediakan menu masakan Jawa di berbagai wilayah.

Nah, dari sekian banyak menu masakan jawa, mungkin yang paling banyak dikenal adalah nasi pecel, gudeg, serta bakmi jawa. Padahal masih banyak menu masakan jawa lainnya yang bisa teman-teman nikmati.

Kira-kira apa saja ya teman-teman menu masakan jawa lainnya yang bisa dinikmati sehari-hari? Yuk teman-teman langsung saja disimak

Sayur Asem

Sayur Asem
Gambar 1. Sayur asem

Sayur asem merupakan sayuran yang berkuah bening ataupun agak bening yang memiliki rasa asam dari buah asam.

Di Jawa sendiri ada berbagai macam sayur asem dengan rasa yang berbeda-beda. Di Jawa Tengah teman-teman akan menemukan sayur asem dengan kuah yang bening, lebih bening dari sayur asem sunda.

Jika teman-teman tidak suka pedas, mungkin sayur asem khas Brebes bisa dicoba. Sayur asem khas Brebes terkenal dengan sayur asemnya yang tidak pedas alias tak ada irisan cabai atau campuran bahan pedas lainnya.

Di Jawa Timur sendiri teman-teman akan menemukan sayur asem dengan rasa pedas. Kebalikan dari sayur asem Jawa Tengah ya. Ketika teman-teman menyeruput kuahnya, maka ada kesan rasa yang mencolok perpaduan antara asam dan pedas.

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
Gambar 2. Sayur lodeh

Selain sayur asem masih ada lagi masakan jawa yang sayang untuk teman-teman lewatkan. Namanya sayur lodeh. Sayur lodeh merupakan sayur berkuah santan dan memiliki rasa agak pedas.

Sayur lodeh memiliki jenis yang beragam. Ada lodeh buncis, lodeh campur, lodeh podomoro, lodeh rebung kacang tolo, lodeh jantung pisang, sampai lodeh terong ungu.

Selain beragam jenis sayur lodeh di atas, ada juga sayur lodeh campur dengan berbagai macam isian, ada kluwih, kacang panjang, terong ungu, jantung pisang. 

Teman-teman juga bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti rebung, kacang polong, ataupun juga menambahkan ikan asap, udang ataupun daging ayam untuk menambah rasa. Sementara di Jawa Timur sendiri, teman-teman akan menemukan krecek serta petai dalam tambahan menu sayur lodeh.

Tinggal teman-teman lebih suka sayur lodeh yang mana, yang pasti dengan beraneka ragam campuran membuat menu masakan sayur lodeh lebih variatif dan juga fleksibel.

Rawon

Rawon
Gambar 3. Rawon

Menu masakan jawa selanjutnya adalah rawon. Teman-teman sudah tahu rawon belum? Rawon merupakan sup daging yang berkuah hitam. Warna hitam pada rawon merupakan warna khas dari buah kluwek sebagai campuran bumbu khas dari rawon.

Rawon sendiri berasal dari Jawa Timur. Walaupun berasal dari Jawa Timur, rawon juga menyebar ke berbagai wilayah. Salah satunya di Solo juga memiliki rawon dengan bentuk yang agak berbeda dengan rawon Jawa Timur.

Perbedaannya terletak pada kuahnya. Rawon Solo cenderung memiliki kuah yang sedikit lebih encer dan cita rasa yang sedikit manis dibandingkan rawon Jawa Timur.

Rawon biasanya disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Rasa kuah rawon yang agak manis akan membuatnya menjadi lauk yang lezat. Aromanya sangat khas karena dibubuhi bumbu khusus yang dinamakan kluwek. Karena bumbu inilah, rawon menjadi sup hitam yang gurih dan sedap.

Nah itu tadi teman-teman menu masakan Jawa sehari-hari yang sayang banget untuk dilewatkan. Teman-teman bisa membuatnya sendiri ataupun membeli di warung serta restaurant. Harganya pun juga nyaman di kantong.

Categories
Uncategorized

Menu Makan Malam Berbahan Daging Ayam

Malam hari biasanya waktu yang tepat untuk istirahat setelah seharian melakukan pekerjaan yang melelahkan. Selain istirahat, tubuh juga perlu nutrisi setelah seharian melakukan berbagai aktifitas.

Nah dari berbagai kesibukan yang ada, terkadang teman-teman menjadi malas untuk makan malam ataupun lebih suka makan malam di luar. Terlebih lagi jika teman-teman lebih suka makan malam dengan menu berbahan dasar daging ayam. Pastinya menjadi agak mahal.

Padahal, jika teman-teman mengolah sendiri daging ayam untuk menu makan malam di rumah lebih menyenangkan serta lebih bisa menghemat biaya. Cara pengolahannya pun cukup mudah. 

Berikut ini gambar menu makan malam dengan bahan dasar ayam yang pastinya sangat mudah dibuat.

Sup Ayam Kentang

Sup Ayam Kentang
Gambar 1. Sup ayam kentang

Menu makan malam yang pertama adalah sup ayam kentang. Sup ini lebih terasa menyegarkan karena adanya kentang serta wortel sebagai campuran kuahnya. Terlebih lagi jika teman-teman sedang berusaha menjaga berat badan, menu ini sangat pas.

Daging ayam sebagai sumber protein serta kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat sangat cukup untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Tambahan kuah juga akan membuat teman-teman tidak kehausan di malam hari.

Soto Ayam

Soto Ayam
Gambar 2. Soto ayam

Menu selanjutnya yang tidak kalah nikmat adalah soto ayam. Teman-teman pastinya tahulah makanan yang satu ini. Sudah banyak para penjual yang menjajakan soto ayam. Sebenarnya teman-teman bisa membuatnya sendiri dengan berbagai bentuk dan rasa.

Teman-teman bisa membuat berbagai bentuk soto baik itu dengan santan ataupun tidak. Ada model soto Kudus, soto lamongan, soto kari dan masih banyak lagi.

Ayam Kecap Spesial

Ayam Kecap Spesial
Gambar 3. Ayam kecap spesial

Jika teman-teman kurang suka dengan makanan berkuah, menu ayam kecap menjadi hidangan yang pas buat teman-teman. Teman-teman bisa membuat ataupun menentukan sendiri pilihan rasa dari ayam kecap buatan teman-teman. 

Ayam kecap bisa dibuat rasa pedas yang dominan, manis, ataupun perpaduan antara pedas manis yang menggugah selera. Selain itu, teman-teman juga bisa membuat ayam kecap cabai hijau, bisa juga dengan menambahkan kuah sehingga menjadi seperti semur ayam.

Banyak juga ya ternyata pilihan menu ayam kecap.

Tumis Buncis Ayam Fillet

Tumis Buncis Ayam Fillet
Gambar 4. Tumis buncis ayam fillet

Menu selanjutnya merupakan tumis buncis ayam fillet. Menu makanan yang berisikan lauk dan sayuran sekaligus membuat teman-teman tidak usah membuat banyak menu. 

Walaupun bahannya sederhana, perpaduan antara buncis dan ayam, tetapi memiliki rasa yang istimewa.

Jika teman-teman tertarik mencobanya, perlu diperhatikan kunci kelezatan resep ini yaitu terletak pada saus tiram, gunakan saus tiram berkualitas bagus supaya rasanya optimal. 

Satu lagi tips penting, pastikan bumbu ditumis sampai benar-benar matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam
Gambar 5. Tongseng ayam

Menu selanjutnya yang tidak kalah enak serta mudah dibuat adalah tongseng ayam. Makanan berkuah khas Solo ini memiliki rasa lezat. Mirip dengan gulai, hanya saja memakai bumbu dengan aroma yang lebih tajam.

Biasanya, tongseng memiliki isian daging kambing, sapi, atau ayam. Terdapat juga sayur kol dan tomat. Rasanya gurih, cocok untuk hidangan makan makan malam teman-teman.

Nah itu tadi teman-teman, 5 gambar menu makan malam yang mudah dibuat serta menghemat biaya teman-teman. teman-teman tidak perlu keluar untuk repot-repot cari makan, cukup dengan membuat 5 menu di atas pastinya membuat makan malam teman-teman terasa istimewa.

Categories
Uncategorized

5 Menu Makan Sehat yang Wajib dicoba Ibu-ibu

Menu Makan Sehat – Buat para orang tua yang memiliki banyak urusan pastinya dibikin sedikit kerepotan dalam mengurus makanan. Baik untuk makanan pribadi, keluarga, untuk anaknya juga tim Bosmeal.com. Butuh banyak hal untuk memilah dan memilih mana makanan yang baik buat semuanya. 

Eits, jangan gampang bingung ya teman-teman dalam memilih makanan. Makanan yang baik dan sehat tidak harus mahal kok, yang penting terjaga kualitas kebersihan juga tercukupi nilai gizinya.

Teman-teman bisa membuat makanan sendiri, agar terjaga kebersihan dan kualitas gizi dari makanan tersebut. Penasaran dengan menu-menu makanan yang sehat dan bergizi? Berikut beberapa rekomendasinya.

Tumis Kangkung

Menu Makan Sehat Tumis Kangkung
Gambar 1. Tumis kangkung

Teman-teman jangan meragukan menu makan yang satu ini ya, biarpun kelihatannya sangat sederhana, tumis kangkung kaya akan manfaat buat kesehatan lo teman-teman.

Teman-teman sangat mudah kok menjumpai sayuran yang satu ini. Mulai dari pasar tradisional sampai supermarket. Cara memasaknya pun cukup mudah ya teman-teman. 

Teman-teman tinggal menumis irisan kangkung dengan bumbu seperti, cabai, bawang putih, bawang merah, tomat yang sudah dipotong-potong. Setelah itu beri garam, saos tiram dan penyedap rasa. Jangan lupa beri sedikit air. Tumis sebentar agar kangkung masih tampak segar.

Sangat mudah kan teman-teman cara memasak tumis kangkung. Selain mudah memasaknya, ternyata kangkung juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat kangkung adalah kangkung dapat menurunkan kolesterol loh teman-teman. Buat teman-teman yang berusaha menurunkan berat badan sangat cocok untuk mengkonsumsi tumis kangkung ini.

Selain itu, buat teman-teman yang kekurangan sel darah merah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi tumis kangkung. Tumis kangkung sangat berguna buat ibu-ibu yang habis melahirkan ya.

Sayur Asem

Menu Makan Sehat Sayur Asem
Gambar 2. Sayur asem Betawi

Teman-teman perlu cobain menu yang satu ini. Yups, sayur asem. Pastinya nikmat banget ya teman-teman, Makan siang sama sayur asem dengan nasi yang masih hangat serta diberi sambal. Pastinya teman-teman sangat mudah mendapatkan sayur asem. 

Banyak banget kan yang jualan sayur asem, hampir pasti di setiap warung makan menjualnya. Mulai di pinggir trotoar hingga restaurant.

Selain murah, sayur asem memiliki banyak manfaat lho teman-teman. Buat yang memiliki penyakit diabetes sangat cocok nih teman-teman. Hal ini karena kadar asam dalam sayur asem dapat menurunkan gula dalam darah lho. 

Ingat ya teman-teman, kalau masak sayur asem jangan terlalu banyak garam sama gula ya. Karena kedua bahan ini tidak baik jika dikonsumsi berlebihan ya.

Tumis Jamur Tiram

Menu Makan Sehat Tumis Jamur Tiram
Gambar 3. Tumis jamur tiram

Menu makan yang satu ini pasti nikmat banget ya teman-teman. Bisa dinikmati setiap waktu ya teman-teman. Cara membuatnya pun cukup mudah kok. Teman-teman bisa membeli jamur di pasar tradisional atau supermarket ya.

Perlu diingat ya teman-teman kalau mau membeli jamur tiram, belilah jamur yang lembab, tidak kering atau terlalu berair. Jamur yang baik yang segar dan lembab ya teman-teman.

Cara memasaknya pun cukup mudah, teman-teman tinggal menumis bumbunya seperti cabai, bawang merah bawang putih, serta jamur tiramnya. jangan lupa dikasih garam secukupnya serta beri sedikit air teman-teman. 

Selain nikmat di lidah, jamur tiram juga memiliki beragam manfaat buat kesehatan. Jamur tiram bebas akan lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Sangat aman buat yang ingin menurunkan berat badan ya teman-teman.

Capcay Goreng

Menu Makan Sehat Capcay goreng
Gambar 4. Capcay goreng

Siapa sih yang gak tau makanan yang satu ini. Makanan dengan beragam sayur dan campuran daging serta kadang ada yang diberi udang.

Pastinya makanan ini kaya akan nutrisi ya teman-teman. Cara memasaknya pun juga mudah, bahan-bahannya bukan bahan yang langka kok.

Makanan yang satu ini sekilas mirip banget sama sayur sop. Memang sih sayuran yang dipakai sama dengan sayur sop, mangkanya jadinya agak mirip sayur sop teman-teman.

  • Banyaknya sayuran yang terkandung dalam capcay menjadikan makanan ini memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi capcay ini adalah adanya kandungan antioksidan dalam makanan yang berguna untuk melawan sel kangker.

Selain adanya antioksidan, capcay juga baik untuk kesehatan mata. Selain kesehatan mata, buat teman-teman yang mengalami masalah rambut rontok, bisa dicegah dengan sering-sering mengkonsumsi capcay. 

Teman-teman tenang saja, makanan ini tidak bikin teman-teman menjadi gemuk kok. Makanan ini juga bermanfaat untuk mencegah kegemukan.

Tapi ingat ya teman-teman, jangan terlalu sering mengkonsumsi capcay, apalagi memberi terlalu banyak garam pada masakan capcay. Hal ini bisa membebani kerja ginjal dan berakibat pada resiko terserang penyakit hipertensi (darah tinggi).

Omelet Mie dan Sosis

Menu Makan Sehat Omelet Mie dan Sosis
Gambar 5. Omelet mie dan telur

Setelah memakan makanan yang berat-berat dan bikin kenyang pastinya butuh cemilan ya teman-teman. 

Gak perlu mahal-mahal ya teman-teman kalau buat cemilannya. Mungkin menu yang tau ini dapat dicoba, Selain murah juga cara pembuatannya tidak ribet lho. 

Teman-teman cukup merebus mie kemudian buang airnya. Setelah itu kocok telur dan masukkan mie serta sosis yang sudah dipotong-potong. Terakhir setelah semua siap, teman-teman bisa menggorengnya.

Mudah banget kan, gak ribet. Selain mudah, ternyata makanan ini juga memiliki nilai gizi yang baik lo. Adanya telur dalam adonan memberikan sumbangan protein kepada tubuh. Selain itu, adanya mie juga mengandung karbohidrat. Ups, bisa jadi malah masuk golongan makanan sedang kali ya,

Nah, itu tadi beberapa makanan yang murah juga menyehatkan buat tubuh, tapi ingat ya, se sehat apapun makanan akan menjadi buruk jika teman-teman, terlalu sering mengkonsumsinya.

Categories
Uncategorized

Alasan Berlibur Ke Surabaya Pendapat Para Pengunjung Ibu Kota Jawa Timur

Alasan Berlibur ke Surabaya

Pernahkah Anda mengunjungi Kota Pahlawan, Surabaya? Kota yang berdiri sejak tahun 1293 ini merupakan kota paling besar ke-2 di Indonesia setelah Jakarta. Jarang sekali ada orang yang mengunjungi Surabaya terkecuali utk urusan Usaha Padahal sebenarnya banyak hal menarik yang dapat Anda dapatkan di kota dengan moto Sparkling Surabaya ini. Berikut ini merupakan beberapa destinasi liburan favorit yang bisa Anda jadikan argumen kuat kenapa Anda wajib mengunjungi Surabaya.

Kota yang Memiliki Sebutan Seribu Taman

Surabaya, terkecuali ternama sebagai Kota Pahlawan, juga merupakan kota dengan jumlah yang cukup banyak. Nyaris di tiap-tiap segi kota terdapat taman-taman kota yang dilengkapi dengan air mancur yang indah dan juga bersih. Beberapa taman yang bisa Anda jenguk antara lain: Taman Mundu, Taman Bungkul, Taman Undaan, Taman Surya, dan Taman Pelangi. Di tahun 2013 lalu, Taman Bungkul bahkan mendapat penghargaan sebagai Taman Terbaik di arena The Asian Townscape Award oleh PBB.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di taman-taman kota di Surabaya. Terkecuali berolahraga di pagi hari, Anda juga bisa menikmati suasana taman yang tertata rapi lengkap dengan sentra PKL di sekitarnya sekaligus fasilitas internet Wi-Fi gratis.

Perbanyak pengetahuan dengan berkunjung ke museum Sejrah di Surabaya

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga penuh dengan banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan waktu mengunjungi museum. Terkecuali meraih pengetahuan baru, Anda juga bisa asyik berselfie ria dengan background museum dan obyek-obyek unik yang ada di dalam museum. Beberapa museum yang bisa Anda jenguk antara lain Museum Sampoerna, Museum Kapal Selam, dan Museum Tugu Pahlawan.

Di Museum Tugu Pahlawan yang terletak satu komplek dengan Monumen Tugu Pahlawan, banyak hal menarik yang dapat Anda Dapatkan Museum ini terletak 7 meter di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan. Diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, dalam museum ini banyak foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Terkecuali itu, ada juga rekaman pidato Bung Tomo yang jadi pelecut semangat Arek-Arek Suroboyo dalam melawan penjajah.

Kuliner Unik khas Surabaya Yang Pasti Nikmat Rasanya

Bukan jalan-jalan rasanya seandainya jika anda tidak mencicipi kuliner di tempat kuliner Surabaya. Begitu juga dengan Surabaya. Banyak kuliner-kuliner yang memiliki nama unik dengan cita rasa yang cukup Berbeda Sebut saja Misalnya Lontong Balap, Rawon Setan, Rujak Cingur, bahkan Sate Kelapa.

Rujak Cingur, merupakan makanan khas Surabaya yang tidak sama dari rujak biasa. Bila Anda biasa makan rujak yang cita rasanya manis pedas, Rujak Cingur justru memiliki rasa yang khas. Yang membedakan merupakan saus bumbu penting dalam rujak yang mengandung petis, sejenis pasta udang dan ikan. Terkecuali itu, kata “cingur” sendiri memiliki arti hidung sapi, di mana memang hidung sapi dicampurkan dalam Rujak Cingur. Mungkin Anda dapat sedikit bergidik mendengar kata hidung sapi. Tapi Ternyata rasa hidung sapi yang kenyal dan empuk ini cukup enak dan lezat waktu berpadu dengan saus rujak.

Akhiri Momen Tengah Malam Bersama keluarga di taman bermain

Ga ada tengah malam yang lebih indah terkecuali meriahnya suasana pasar Tengah malam Suasana ini dapat Anda rasakan di Suroboyo Carnival Night Market. Terletak tidak jauh dari Bandara Juanda, taman main yang dirancang layaknya suatu karnaval ini sesuai utk menutup hari di Kota Surabaya. Banyak wahana permainan yang dapat Anda nikmati di sana. Terkecuali itu, gagasan pasar tengah malam yang kental di taman main ini dapat membuat suasana hati Anda semakin senang dan ingin kembali berkunjung di Surabaya.

Dengan alasan-alasan di atas, bukan tidak mungkin Surabaya Memang lah jadi destinasi wisata yang cukup Special Surabaya memang kota yang cukup padat. Walaupun Demikian potensi Surabaya sebagai destinasi wisata bukan hanya isapan jempol belaka. Lebih menyenangkan lagi seandainya Anda mengajak Rekan-rekan atau keluarga untuk berkunjung bersama untuk menikmati Sparkling Surabaya. Selamat berlibur!

Categories
Uncategorized

Wisata Bromo Merasakan Udara Sejuk Serta Pemandangan Indah Khas Alam

Wisata Gunung Bromo

Tempat wisata gunung bromo merupakan salah satu obyek wisata paling baik di Indonesia, khususnya utk kawasan wisata provinsi di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan gunung yang bersifat berapi ini tiap harinya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik dari wisatawan lokal atau wisatawan dari manca negara. Mereka rela mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk menonton keindahan gunung bromo ini.

Wisata Gunung Bromo Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Adalah salah satu gunung yang masih aktif di Jawa Timur. Dengan lautan pasir seluas sepuluh meter kilometer persegi mengelilingi Wisata Gunung Bromo. Letak Obyek Wisata Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat wilayah pemerintahan merupakan Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Pemandangan Yang Tersaji di Bromo

Wisata Gunung Bromo sepanjang th senantiasa ramai menjadi tujuan wisata, baik wisatawan domestik ataupun pengunjung dari luar Negara karena Gunung ini punya nilai keindahan alam yang sangat mempesona, keindahan matahari terbitnya atau Bromo Sunrise, laut pasir yang sangat luas dan udaranya yang dingin. Sangat serasi utk melepas lelahnya kegiatan sehari-hari. Spot wisata di Gunung Bromo dan sekitarnya yang menjadi destinasi utk paket liburan ke bromo yang paling umum merupakan sebagai berikut.

Tempat Wisata Alam Lain Di Bromo

1. Bukit Penanjakan 1 merupakan ruangan utk menikmati matahari terbit dari bukit Penanjakan View Point). Dari sini Anda bisa menonton dengan hamparan lautan kabut dan lautan pasir yang mengelilingi Gunung Bromo dan Gunung Batok.

2. Bukit Penanjakan 2 . Adalah viewpoint alternatif terkecuali penanjakan 1. Karena utk bukit penanjakan 2 atau disebut viewpoint seruni ini lokasinya lebih rendah dari penanjakan 2. Jadi para wisatawan yang tidak terlampaui berdesak-desakan dengan orang lain saat berburu pemandangan matahari terbit bisa ke penanjakan 2.

3. Bukit Kingkong dan Bukit Cinta. Adalah viewpoint alternatif juga utk menyambut munculnya matahari terbit. Terletak di bawah bukit penanjakan 1 dan view dari sini juga tidak kalah menarik . Bukit kingkong dan bukit cinta hampir satu Ruangan apabila salah satunya sudah penuh dengan pengunjung anda bisa mengambil lainnya uang cukup sepi. View point menarik lainnya adala mentigen lava view. Namun viewnya masih kalah keren dengan spot sunrise lainnya.

4. Kawah Gunung Bromo, utk menonton magnet kawah bromo anda harus dengan mendaki sekitar 250 anak tangga pengunjung dapat menonton kawah yang memiliki diameter ± 600 meter, serta asap putih yang keluar dari kawah.

5. Pura Luhur Poten. Adalah kuil untuk sembahyang suku tengger bromo yang mayoritas beragama hindu. Disinilah ruangan festival kebiasaan yang sangat populer merupakan yang bernama Upacara Kasodo. Adalah upacara tahunan sebagai ritual Yadnya Kasada Festival merupakan mencari pemberkatan utk Yang Maha Kuasa biar meraih panen yang berlimpah dan jauh dari bencana serta penyakit.

6. Padang Rumput Savana Bromo merupakan padang rumput terletak di area bukit Jemplang arah selatan Wisata Gunung Bromo. Pemandangannya sangat mengagumkan dan mempesona. Untuk meraih view sempurna disini disarankan pada masa penghujan utk mendatanginya. Hal ini dikarenakan saat masa hujan rumput-rumput hijau khas pegunungan bromo nampak sangat indah.

7. Bukit Teletabis Bromo, merupakan gunung atau bukit- fakta kecil dekat dengan savana bromo. Rumput-rumput hijau yang tumbuh di gunung-gunung kecil ini sangat mirip sekali dengan film anak-anak merupakan Teletubbies. Oleh karena itu lah bukit ini disebut bukit teletabis.

Bagi Anda yang ingin explore dengan puas semua spot dan destinasi wisata sekitar gunung bromo di atas merupakan dengan memakai jasa sewa jeep di bromo. Mengapa karena medan pasir bromo cukup berat bagi kendaraan yang tidak memakai sistem 4 langkah atau 4WD. Bagaimana dengan kendaraan motor? tidak masalah apabila memakai kendaraan roda 2 namun diharapkan harus extra hati-hati.

Categories
Uncategorized

Rujak Cingur Warisan Kuliner Nusantara Yang Melegenda

Rujak Cingur Surabaya

Seandainya bermain ke Jawa Timur, terutama Kota Surabaya, anda tentu nggak asing dengan masakan bernama rujak cingur. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti mulut. Di rujak cingur benar-benar disajikan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus. Janganlah cuma bisa menikmati rujak cingur, namun anda juga mesti mengetahui asal usul rujak yang satu ini.

Makanan tradisional satu ini sekilas nyaris serupa dengan Gado – gado, namun bahan dan rasanya Berlainan Namanya ialah Rujak Cingur.

Rujak Cingur?

Rujak Cingur ialah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari campuran bahan seperti mentimun, cingur, kangkung, nanas dan lain – lain. Makanan satu ini sangat kaya akan campuran bahan, karena di dalamnya terdapat beberapa sayuran, buah – buahan, dan bahan Yang lain Rujak Cingur ini ialah salah satu makanan tradisional yang sangat populer di Jawa Timur, terutama daerah Surabaya.

Asal Mula Rujak Cingur Mengupas Sejarah

Rujak Cingur ialah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Nama Rujak Cingur sendiri diambil dari nama bahan dasar yang dimanfaatkan ialah “Rujak” dan “Cingur”. Rujak ialah campuran buah – buahan dan sayuran yang dihidangkan dengan sambal. Sedangkan Cingur sendiri merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam Sajian Maka Rujak Cingur ini ialah perpaduan dari bahan sayuran, buah buahan dan cingur yang diolah menjadi satu hidangan yang memiliki rasa yang khas.

Proses Pembuatan Dan Penyajian Rujak Cingur

Rujak Cingur ini terbuat dari bahan buah – buahan seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong. Lalu bahan sayuran seperti kecambah, kangkung dan kacang panjang. tidak hanya itu juga beraneka ragam bahan tambahan seperti lontong, tahu goreng, tempe goreng, dan cingur. Bahan bahan tersebut dipotong kecil, lalu di campurkan ke dalam piring. Seterusnya bahan yang sudah dicampur tadi disiram dengan saus bumbu yang terbuat dari bahan petis udang, gula, cabai, kacang goreng, bawang goreng, garam dan irisan pisang klutuk yang masih muda. Setelah dicampurkan setelah itu seluruh bahan dan saus diulek supaya sausnya merata.

Untuk penyajian Rujak Cingur ini rata-rata dibagi menjadi dua Jenis ialah Rujak Cingur Biasa atau Rujak Cingur Matengan. Pada penyajian Rujak Cingur biasa ini hanya menggunakan bahan seperti Diatas Sedangkan utk Rujak Cingur matengan hanya terdiri dari bahan – bahan yang matang saja seperti lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo dan sayur yang telah direbus. Meskipun berlainan bahan namun saus bumbu yang dimanfaatkan sama, sehingga rasanya tidak berlainan jauh.

Cita Rasa Kenikmatan Rujak Cingur

Rujak Cingur ini sekilas nyaris serupa dengan Gado – gado. Tapi yang membedakan ialah bahannya yang menggunakan buah – buahan dan cingur. Terkecuali itu saus bumbunya pun berlainan karena menggunakan petis dan bahan Yang lain Yang menjadi keistimewaan dari Rujak Cingur ini ialah perpaduan rasa dari sayur – sayuran, buah – buahan, dan saus petis yang membuahkan rasa manis, gurih, legit dan sepat menjadi satu sehingga memberikan cita rasa yang khas pada Rujak Cingur ini. Terkecuali itu rasa kenyal dari cingur, tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Perkembangan Rujak Cingur Dari Dulu Sampai Sekarang

Rujak Cingur ini adalah salah satu makanan tradisional yang populer di Jawa Timur. Tidak hanya di Surabaya yang menjadi tempat asalnya, Rujak Cingur juga bisa kita dapatkan di beberapa daerah di Jawa Timur. Tapi tiap-tiap daerah tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya. Nah bagi anda yang berkunjung ke Jawa Timur, terutama Surabaya. Rujak Cingur ini bisa menjadi pilihan bagi anda untuk menikmati makanan khas disana.

Categories
Uncategorized

Desain Taman Di Lantai Atas Rumah Minimalis Terbaru

Desain Taman Atas Rumah – Taman adalah tempat yang indah untuk selalu dapat kita nikmati dan menjadi momentumyang spesial. Oleh karena itu, sebuah rumah perlu disetiakan lokasi untuk taman yang akan memberikan kesan asri dan indah pada rumah.

Pada umumnya, sebuah taman terlatak di depan rumah, samping rumah atau belakang rumah. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan semua desain taman rumah yang berada di bagian lantai atas.

Hal ini tentunya akan memberikan keindahan tersendiri karena suasana asri yang tercipta di atas rumah dengan di tambah pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian rumah tersebut, penggunaan taman ini umumnya berada pada rumah yang bertingkat.

Adanya taman di atas rumah pastinya sangat unik dan menarik. Saat ini di zaman yang modern pastinya taman yang di desain di lantai atas rumah menjadi trend di sebagian kalangan khususnya rumah minimalis dengan konsep bertingkat.

Mengapa rumah minimalis menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan impiannya sebagai tempat tinggal karena rumah minimalis terbilang modern meskipun bentuknya Mungil akan tetapi memiliki keindahan yang tak kalah bagusnya dengan konsep rumah yang lainnya.

Rumah minimalis juga ada yang konsep bertingkat sehingga sangat cocok bila di bagian lantai atasnya di Aplikasikan sebuah taman yang akan memberikan suasana yang asri dan menyejukkan.

Model Taman Minimalis Di Atas Rumah Bertingkat Yang Asri

Dalam membuat sebuah taman di bagian lantai atas rumah memang tak begitu mudah kita harus bisa merancang dan memilih jenis tanaman yang cocok untuk di tanam, karena saat ini banyak sekali jenis tanaman yang bermanfaat akan tetapi memiliki keindahan seperti misalnya tanaman herbal, atau obat – obatan hal ini akan mempunyai manfaat baik dan juga akan memberikan suasana yang sejuk dan segar. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda dalam memilih tanaman untuk sebuah taman di rumah anda maka pilihlah tanaman yang memiliki manfaat untuk kita dan rumah kita.

Supaya kita bisa merasa nyaman pada saat berada di taman di lantai atas rumah tersebut tentunya kita bisa mengaplikasikan sebuah furniture sebagai kebutuhan kita di kala santai saat berada di taman tersebut, misalnya dengan menggunakan kursi atau sofa dan meja.

Hal ini untuk kebutuhan kita di kala kita sedang santai dengan menikmati suasana yang asri dan pemandangan dari ketinggian rumah tersebut.

Untuk itu sebagai bahan referensi buat anda semua yang sedang bingung dalam mencari ide model dan desain taman di atas rumah tentunya kami di sini akan memberikan beberapa contoh desain taman minimalis di lantai atas rumah.

Pemandangan Hijau Nan Asri

Adanya taman di atas rumah menjadikan rumah tidak terlalu panas. Selain bisa mengurangi panas, perpaduan warna hijau pada daun tanaman dengan dekorasi taman menjadikan taman enak di lihat dan dinikmati. Hal ini sangat cocok untuk Anda bersantai-santai dengan keluarga.

Itulah tadi beberapa contoh taman yang menarik dan menakjubkan. Semoga saja setelah anda membaca dan melihat beberapa gambar desain taman di lantai atas rumah, Anda bisa tertarik untuk membuatnya di rumah Anda.

Demikian artikel ini kami sajikan. Jika Anda membutuhkan banyak referensi tentang rumah, Anda bisa membaca artikel kami lainnnya. Mungkin hanya itu saja dari kami sekian dan terima kasih semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.