Bengkulu menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan hasil pertanian dan pertambangan. Tidak hanya itu, ternyata nilai budaya yang dimiliki juga cukup beragam termasuk tarian adat Bengkulu. Selain sebagai media hiburan juga menjadi tradisi yang patut dijaga kelestariannya.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke daerah tersebut, tidak ada salahnya mempelajari jenis budaya setempat supaya bisa menemukan obyek yang unik. Sesekali cari jadwal pementasan kesenian daerah supaya lebih mengenal Gorontalo sesungguhnya.

Tari Ganau

Gerakan yang dipentaskan mewakili semangat masyarakat yang masih membara. Tarian ini biasa dimainkan oleh sekelompok laki-laki dan perempuan dengan iringan musik dari kendang, mandolin, dan rebab.

Keunikannya selain terdapat pada busana daerah, juga gerakan yang disajikan. Pada mulanya penari akan menari dengan tempo lambat lalu kecepatannya akan bertambah. Formasi yang digunakan memberi kesan dinamis yang akan membuat penonton terpana akan pesonanya.

Tari Andun

Tari Andun

Tarian ini menjadi salah satu wujud rasa terima kasih masyarakat Bengkulu kepada Tuhan atas nikmat yang diberikan. Di saat musim panen raya, warga biasanya menampilkan tarian Andun dan ini sudah menjadi tradisi turun menurun.

Budaya yang diwariskan oleh nenek moyang masih terpelihara hingga saat ini. Beberapa wisatawan juga menikmati tarian tersebut karena memiliki kekhasan sendiri. Adapun keunikan yang ada pada tari Andun adalah:

  • Merupakan tari pergaulan

Kesenian budaya ini merupakan tari pergaulan yang dipentaskan oleh pemuda-pemudi. Kebiasaan menggelar tari Andun masih dilakukan saat ini di berbagai acara.

  • Ajang mencari jodoh

Dulunya tarian ini bertujuan untuk menemukan pasangan yang tepat bagi muda-mudi Gorontalo. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pentas tersebut hanya dijadikan hiburan dan banyak digelar di acara pernikahan.

  • Wujud rasa syukur kepada yang Maha Kuasa

Berkat panen yang melimpah yang didapatkan oleh warga Gorontalo tidak lain karena anugerah dari Tuhan serta kerja keras masyarakat. Karena itu, agar hasil panen tetap banyak setiap musimnya mereka menggelar kesenian tari Andun.

Tari Persembahan

Untuk acara penyambutan tamu penting seperti pejabat negara, masyarakat Bengkulu biasa memberikan persembahan berupa tarian daerah. Ini adalah adat istiadat yang sakral serta sangat diagungkan. Hanya dipentaskan pada acara tertentu saja yang dianggap istimewa.

Instrumen pengiringnya berasal dari alat musik gong dan kalintang. Penarinya juga menggunakan pakaian khas yang menunjukkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut.

Tari Kejai

Salah satu tarian adat Bengkulu yang cukup menyita perhatian dunia. Kesenian daerah ini hanya digelar pada event tertentu saja yaitu musim panen raya. Sebagian besar penarinya berasal dari kalangan muda-mudi yang sangat lihai menari. Karakteristik dari tari Kejai adalah:

  • Dipentaskan saat malam hari di pusat desa
  • Penerangan yang digunakan berupa lampion
  • Tarian dimainkan oleh sekelompok penari yang membentuk lingkaran
  • Iringan berasal dari alat muik gong, seruling, dan kulintang

Tari Lanan Balek

tari lanan belek

Gerakan pada tarian ini diambil dari cerita rakyat tempo dulu. Seorang bidadari yang turun ke bumi kehilangan selendang yang membuat Ia tidak bisa kembali ke kahyangan. Hingga suatu saat selendang tersebut ditemukan dan akhirnya Ia bisa kembali ke tempat asalnya meski harus meninggalkan sang suami.

Kisah pemuda yang ditinggalkan istrinya tersebut sangat populer di kalangan masyarakat Gorontalo dan dijadikan inspirasi untuk membuat sebuah gerakan indah yang dikenal dengan tari Lanan Balek.

Untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya bangsa caranya cukup mudah, tidak harus belajar cara menari namun dengan memberikan dukungan agar pementasan tarian adat Bengkulu bisa tetap terselenggara. Kalau bukan Anda yang menjaganya, siapa lagi?

Categories: Dibikin Asyik