Categories
Uncategorized

6 Sayur yang Sehat untuk Dibuat Salad

Umumnya salah satu santapan yang biasanya terlintas di benak banyak orang buat kudapan diet adalah salad. Hidangan yang biasanya terdiri dari bermacam-macam sayuran ini sudah ada dari zaman dulu kala.

Dengan bermacam-macam kombinasi sayur, salad dapat jadi santapan pokok yang seimbang. Mempunyai bermacam khasiat kesehatan, konsumsi salad sayur tiap hari bisa jadi salah satu rutinitas terbaik untuk badan.

Kamu bisa menggunakan nyaris seluruh jenis sayuran ke salad. Namun, sebagian jenis sayuran lebih bergizi daripada sayur yang lain. berikut 6 macam sayuran yang lezat serta sehat buat salad Kamu.

Wortel

kompas.com

Wortel merupakan salah satu tipe sayur sehat yang banyak disukai anak-anak bahkan sampai orang tua. Jenis sayur dari akar ini biasanya berwarna oranye, walaupun terdapat sebagian wortel yang bercorak kuning, putih, merah, atau ungu.

Sayur ini mempunyai tekstur renyah ketika masih fresh. Wortel cocok banget buat disajikan sebagai bagian dari olahan salad.

Tidak hanya memiliki vitamin A yang baik buat mata, wortel juga punya kandungan beta karoten yang cukup besar. Beta karoten ini sudah teruji tingkatkan sistem imunitas badan.

Tidak hanya itu saja, wortel juga memiliki karotenoid yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Tidak cuma itu, wortel juga bebas kolesterol, bebas lemak, dan juga sumber serat yang sangat baik buat pencernaan.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang mempunyai kepala besar serta berbunga ini umumnya diproses terlebih dulu dengan direbus, dikukus, ataupun dimakan mentah.

Brokoli ini cocok buat dijadikan sebagai salah satu bahan olahan untuk salad. Sebab, brokoli mengandung beberapa zat gizi yang baik. Apalagi, brokoli yang dimasak akan punya kandugnan vitamin C yang lebih tinggi dari pada jeruk.

Selain itu, brokoli juga punya kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahan, ada riset yang mengatakan kalau makan brokoli bisa menghidarkan kita dari katarak dan stroke.

Sayuran mungil ini tentu bebas kolesterol, bebas juga lemak jenus. Brokoli juga kalorinya rendah dan merupakan sumber folat yang bagus.

Kubis

Kubis adalah sayuran hijau yang bentuknya berlapis-lapis. Cocok banget kalau sayuran ini dijadikan sebagai salah satu bahan salat. Dengan mengonsumsi kubis, kita bisa membersihkan saluran pencernaan dan membuatnya jadi lebih sehat.

Kandungan vitamin C di dalam kubis juga besar. Apalagi ada juga vitamin K yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

Selain berwarna hijau, kubis ada juga yang punya warna putih lho. Kedua jenis kubis ini punya khasiat yang sama kok.

Ada sedikit tips nih, kamu bisa memilih kubis yang ukurannya cukup besar dan daunnya masih fresh dan kencang. Sebab, kalau kamu memilih yang daunnya longgar, hal tersebut menandakan kubis sudah tua.

Lebih baik simpan kubis di dalam kulkas maksimal selama 2 pekan ya. Kamu bisa mengonsumsi kubis ini dengan cara dikukus, direbus, tumis, atau langsung memakannya. Tapi, umumnya kubis dijadikan lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Selada

tokopedia.com

Jenis sayur hijau lain yang biasa digunakan untuk salad adalah selada. Selada juga biasa digunakan sebagai isian untuk burger atu sandwich lho. Daun selada punya beberapa zat gizi yang dapat membuat kamu terjaga kesehatannya.

Konsumsi selada bisa membuat mata dan kulit menjadi lebih sehat. Sebab, di dalam selada terdapat kandungan vitamin A, itu bagus buat mata.

Terus, selada juga merupakan sumber folat yang alami. Ini bagus untuk menghindari cacat saat bayi lahir.

Selada juga punya kandungan beta karoten. Beta karoten ini baik untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan katarak. Tidak hanya itu lho, selada juga punya zat besi yang punya kemampuan mencegah anemia.

Timun

Timun atau disebut juga mentimun, bikan cuma bisa dijadikan acar saja lho. Timun juga punya rasa yang enak adn biasanya dijadikan salad.

Kandungan di dalam timun ini juga banyak banget, terutama untuk kulit. Timun punya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun.

Untuk mengonsumsinya, jangan dikupas ya kulit timunnya. Sebab, di dalam kulit timun ini ada serat yang cukup tinggi. Serat ini bagus banget buat pencernaan kita.

Bayam

Bayam ini nih yang paling bagus buat dijadikan salad, sebab mengandung banyak vitamin dan mineral. Nggak diragukan lagi deh kalau kita mengonsumsi bayam, kebutuhan gizi akan terpenuhi.

Sayuran hijau ini juga bukan sayur biasa. Kamu nggak cuma bisa menggunakannya untuk bahan pembuat salad. Ada banyak olahan sayur yang bisa dibuat dari bahan bayam ini.

Nilai gizinya konon dipercaya bisa digunakan untuk mencegah kanker lho. Bayam juga banyak kandungan folatnya yang bagus untuk tubuh kita.

Tidak hanya itu saja, bayam juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bisa melindungi otak dari indikasi penuaan. Vitamin A yang ada dalam bayam juga bagus buat kesehatan mata lho.

Dalam bayam, terdapat banyak asam, jadi cara paling bagus buat memasaknya adalah dengan direbus. Merebus bayam juga nggak sulit banget kok. Cukup rebus selama satu menit agar asam di dalam bayam bisa larut ke air.

Nah, dari sayuran di atas, mana yang paling sering kamu konsumsi? Atau, maka yang paling kamu sukai nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.