Categories
Uncategorized

3 Rekomendasi Menu Masakan Jawa Sehari-hari

Masakan jawa lebih terkenal dengan berbagai bumbunya yang alami serta berbagai macam rempah-rempah seperti buah asam, sereh, dan sebagainya.

Teman-teman akan banyak menjumpai berbagai macam restaurant ataupun warung yang menyediakan menu masakan Jawa di berbagai wilayah.

Nah, dari sekian banyak menu masakan jawa, mungkin yang paling banyak dikenal adalah nasi pecel, gudeg, serta bakmi jawa. Padahal masih banyak menu masakan jawa lainnya yang bisa teman-teman nikmati.

Kira-kira apa saja ya teman-teman menu masakan jawa lainnya yang bisa dinikmati sehari-hari? Yuk teman-teman langsung saja disimak

Sayur Asem

Sayur Asem
Gambar 1. Sayur asem

Sayur asem merupakan sayuran yang berkuah bening ataupun agak bening yang memiliki rasa asam dari buah asam.

Di Jawa sendiri ada berbagai macam sayur asem dengan rasa yang berbeda-beda. Di Jawa Tengah teman-teman akan menemukan sayur asem dengan kuah yang bening, lebih bening dari sayur asem sunda.

Jika teman-teman tidak suka pedas, mungkin sayur asem khas Brebes bisa dicoba. Sayur asem khas Brebes terkenal dengan sayur asemnya yang tidak pedas alias tak ada irisan cabai atau campuran bahan pedas lainnya.

Di Jawa Timur sendiri teman-teman akan menemukan sayur asem dengan rasa pedas. Kebalikan dari sayur asem Jawa Tengah ya. Ketika teman-teman menyeruput kuahnya, maka ada kesan rasa yang mencolok perpaduan antara asam dan pedas.

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
Gambar 2. Sayur lodeh

Selain sayur asem masih ada lagi masakan jawa yang sayang untuk teman-teman lewatkan. Namanya sayur lodeh. Sayur lodeh merupakan sayur berkuah santan dan memiliki rasa agak pedas.

Sayur lodeh memiliki jenis yang beragam. Ada lodeh buncis, lodeh campur, lodeh podomoro, lodeh rebung kacang tolo, lodeh jantung pisang, sampai lodeh terong ungu.

Selain beragam jenis sayur lodeh di atas, ada juga sayur lodeh campur dengan berbagai macam isian, ada kluwih, kacang panjang, terong ungu, jantung pisang. 

Teman-teman juga bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti rebung, kacang polong, ataupun juga menambahkan ikan asap, udang ataupun daging ayam untuk menambah rasa. Sementara di Jawa Timur sendiri, teman-teman akan menemukan krecek serta petai dalam tambahan menu sayur lodeh.

Tinggal teman-teman lebih suka sayur lodeh yang mana, yang pasti dengan beraneka ragam campuran membuat menu masakan sayur lodeh lebih variatif dan juga fleksibel.

Rawon

Rawon
Gambar 3. Rawon

Menu masakan jawa selanjutnya adalah rawon. Teman-teman sudah tahu rawon belum? Rawon merupakan sup daging yang berkuah hitam. Warna hitam pada rawon merupakan warna khas dari buah kluwek sebagai campuran bumbu khas dari rawon.

Rawon sendiri berasal dari Jawa Timur. Walaupun berasal dari Jawa Timur, rawon juga menyebar ke berbagai wilayah. Salah satunya di Solo juga memiliki rawon dengan bentuk yang agak berbeda dengan rawon Jawa Timur.

Perbedaannya terletak pada kuahnya. Rawon Solo cenderung memiliki kuah yang sedikit lebih encer dan cita rasa yang sedikit manis dibandingkan rawon Jawa Timur.

Rawon biasanya disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Rasa kuah rawon yang agak manis akan membuatnya menjadi lauk yang lezat. Aromanya sangat khas karena dibubuhi bumbu khusus yang dinamakan kluwek. Karena bumbu inilah, rawon menjadi sup hitam yang gurih dan sedap.

Nah itu tadi teman-teman menu masakan Jawa sehari-hari yang sayang banget untuk dilewatkan. Teman-teman bisa membuatnya sendiri ataupun membeli di warung serta restaurant. Harganya pun juga nyaman di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.