Ada banyak surat dalam Al-Qur’an yang punyai keunggulan dibanding surat yang beda. Keunggulan ini didapati dari sejumlah hadis Nabi yang menyuruh untuk membacanya, baik tiap-tiap hari atau pada saat khusus. Dalam Al-Qur’an sendiri ada 114 surat. Dapat begitu bagus untuk kita bila dapat mengamalkan sejumlah surat yang pokok itu.

Serta ini 10 Surat Yang Baik Diamalkan sesehari:

1. SURAT AL-FATIHAH

Amalkan membaca Surah Al-Fatihah kala ingin tidur dibarengi dengan membaca Surah Al-Ikhlas 3 kali, Surah Al-Falaq serta Surah An-Nas. Insya’Allah dapat aman tenteram serta paling jauh dari problem setan. Direkomendasikan pun membaca surah ini sejumlah 44 kali untuk menyembuhkan sakit mata, perut, gigi serta lain-lainnya dengan izin Allah swt. Untuk menahan kemarahan Allah, bacalah surah ini sejumlah 17 kali satu hari ialah dengan lakukan shalat 5 waktu.

2. SURAH YAASIN

Sudah bersabda Rasulullah saw, sebetulnya untuk tiap-tiap suatu itu ada hati, serta hati Al-Qur’an yaitu Surah Yaasin ialah jantung Al-Qur’an. Siapa yang membaca Surah Yaasin, kemungkinan besar dituliskan oleh Allah pahala menyamakan sepuluh kali membaca Al-Qur’an semua. (HR At-Tarmizi dari Anas ra)

Rasulullah saw pun bersabda: Surah Yaasin dimaksud di kitab Taurat dengan panggilan “At-Mu’ammah” (yang umum), yang menginformasikan pembacanya dengan kebaikan dunia serta akhirat, memikul semua bala baik dari ada masalah pada dunia ataupun akhirat. Pembaca akan dilindungi dari tiap-tiap keburukan serta kejahatan dan semua hajat serta hasrat dapat Allah luluskan. Bila dibaca pada suatu malam sekedar berharap keridhaan Allah, kemungkinan besar Allah dapat mengampuni dosanya. (Hadis kisah Malik, Ibnu-Sunni serta Ibnu Hibban). Surah Yaasin ini pun bila diamalkan dapat terselamatlah kita dari kehausan pada hari Kiamat.

baca juga tentang ayat kursi disini.

3. SURAH AT-DHUHAN

Dibaca sekali saat malam Jumat supaya kita selamat dari huru hara di Padang Mahsyar.

4. Surah Al-Waqi’ah

Berdasar sebagian hadis Rasulullah saw, mereka yang mengamalkan membaca Surah Al-Waqi’ah pada tiap-tiap malam, insya’Allah tak kan rasakan kemiskinan. Mereka yang membacanya menjadi wirid, insya’Allah dapat mendapatkan kesenangan selamanya. Mereka yang membacanya sejumlah 14 kali tiap-tiap terlepas solat Asar, insya’Allah dapat dikaruniai rizki yang banyak. Sehabis shalat Isya, ambil satu gelas air terus bacalah Surah Al-Fatihah sekali, Ayatul Qursi sekali serta Surah Al-Waqi’ah ayat 35-38 sejumlah 7 kali. Tiup di air serta minum. Dalam hati, tekad untuk mengawasi kecantikan diri serta kebahagiaan rumahtangga kita.

Arti Surah Al-Waqi’ah ayat 35-38 yaitu: “Sesungguhnya, Kami sudah membuat istri-istri mereka dengan ciptaan spesial. Dan Kami buatlah mereka perawan (yang tak pernah disentuh), yang masih menyintai jodohnya dan yang sepantaran dengan umurnya.

5. SURAT AL-KHAUTHAR

Siapapun yang mengamalkan membaca ayat ini sejumlah 1.000 kali, jadi Allah swt dapat memenuhi hajatnya termasuk juga rizki serta kenaikan pangkat. Siapa saja yang membaca 1.000 kali pun sehabis shalat Isya sampai ia tertidur, insya’Allah ia bisa lihat Rasulullah saw dalam tidurnya.

6. SURAT AL-KHAAFIRUUN

Siapa yang membaca Surah Al-Khaafiruun, jadi perumpamaannya seperti membaca seperempat Al-Qur’an, selain lepas dari syirik, paling jauh dari rayuan setan serta lepas dari momen yang mengagetkan (Kisah At-Tarmizi). Sebelum tidur, bacalah surah ini supaya kita mati dalam iman dan bersihkan kotoran dalam diri kita.

7. Surah Al-Mulk

Satu kembali Surah dari Al-Qur’an ialah Surah Al-Mulk yang punyai fadilat serta faedah yang besar sekali untuk orang yang mengamalkan membacanya. Berdasar sebagian hadis Rasulullah saw, mereka yang mengamalkan membaca dapat surah ini, dapat mendapatkan syafaat serta keampunan dosa-dosanya. Mereka yang membacanya pada tiap-tiap malam, insya’Allah, dapat selamat dari siksa simpan.

8. SURAT AL-IKHLAS

Rasulullah s.a.w. sempat bersabda pada istri yang paling disayangi baginda, Siti Aisyah, pada punya arti: “Wahai Aisyah isteri ku, sebelum kamu tidur, khatamkanlah dahulu Al-Qur’an.” Siti Aisyah terus berkata, “Wahai suami ku, saya tdk dapat khatam Al-Qur’an sejumlah 30 juz itu.” Sewaktu dengar banyak kata Siti Aisyah itu, Rasulullah saw sekalian tersenyum terus menjawab, “Barangsiapa yang membaca 3 kali sebelum tidur, seakan-akan dia sudah khatam Al-Qur’an semua.”

Dari Rasulullah saw. sempat bersabda pada Ali ra, “Barangsiapa ingin pergi berpergian, lantas sewaktu ia ingin tinggalkan tempat tinggalnya, dia membaca surat Al-Ikhlas 11 kali, jadi Allah pelihara tempat tinggalnya sampai dia kembali. Ibnu Said Al-Khanafi menuturkan:” Surah ini disebut Surah Al -Ikhlas, punya arti bersih atau terlepas. Jadi siapapun yang membacanya serta mengamalkannya dengan hati yang ikhlas, jadi dia dapat dilepaskan ada masalah duniawi, dimudahkan di gelombang sakratulmaut, dihindarkan dari kegelapan simpan serta kengerian hari kiamat. ”

9. Surah Al-FALAQ

Siti Aisyah menuturkan: “Bahwa Rasulullah saw pada tiap-tiap malam sewaktu ingin tidur, beliau membaca Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq serta Surah An-Nas terus ditiupkan pada ke dua telapak tangan, lantas dibalurkan ke semuanya badan serta kepala. Siapapun terserang penyakit lantaran tindakan setan atau manusia, mesti membaca Surah Al-Falaq serta Surah An-Nas sejumlah 41 kali saat 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturutan. Siapapun yang takut dapat rayuan setan serta manusia, takut dalam kegelapan malam atau takut dengan kejahatan manusia, bacalah Surah Al-Falaq serta Surah An-Nas sejumlah 100 kali.

10. SURAH AN-NAS

Surah An-Nas yaitu surah yang paling akhir (ke-114) dalam Al-Qur’an. Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang-kali dimaksud dalam surat ini yang bermakna manusia. Surah ini termasuk juga dalam kelompok surah Makkiyah. Isi surat ini yaitu untuk mengendalikan manusia meminta perlindungan pada Allah dari rayuan setan baik yang datang dari kelompok manusia ataupun jin. Surah An-Nas ini pun yaitu penerang hati.

Categories: Uncategorized